PANTANG MENYERAH DAN DISIPLIN TINGGI, Pesan Kepala Cabang Dinas

PANTANG MENYERAH DAN DISIPLIN TINGGI, Pesan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Willayah Dalam Penutupan Mpls 2019

Sejak senin, 15 Juli 2019 kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru dimulai. Kegiatan MPLS di SMK PGRI 1 Gresik dilakukan dua gelombang, gelombang pertama berlokasi di KODIM 0817 sedangkan gelombang dua dilaksanakan di sekolah. Inti kegiatan MPLS umumnya adalah Pengenalan lingkungan sekolah yang mencakup : Pengenalan struktur organisasi sekolah, pengenalan sarana  dan prasarana fisik  sekolah, pengenalan tata tertib di sekolah dan pengenalan organisas-organisasi intra dan ekstrakurikuler sekolah.

Pengenalan struktur  organisasi sekolah,  siswa baru diperkenalkan dengan Kepala sekolah, Dewan Guru, Staff TU, sampai  ke pegawai caraka (pembantu umum).  Pengenalan sarana dan prasarana fisik sekolah, siswa diperkenalkan dengan berbagai sarana dan prasarana fisik sekolah dari pengenalan fisik sekolah secara umum, dan secara khusus diperkenalkan seperti Ruang kelas belajar, ruang dewan guru, ruang kepala sekolah, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang kantin, ruang UKS, ruang organisasi intra dan ekstra kurikuler dan lain sebagainya.

Pengenalan tata tertib disekolah, siswa diperkenalkan dengan berbagai aturan, tata tertib, budaya, norma, etika yang berlaku di sekolah. Pengenalan organisasi-organisasi yang ada di sekolah baik intra maupun ekstra kurikuler, diantaranya mengenalkan organisasi OSIS, Pramuka,  pasus, Paduan suara, Band, Futsal, Perisai Diri, Tarung Drajat dll. Semua acara pengenalan lingkungan sekolah itu di kemas dalam suatu bentuk acara yang sarat unsur educated, fun, dan membangun kebersamaan dan kreativitas. Tidak ada lagi unsur perpeloncoan dan ‘memperlucukan’ peserta didik baru.

Berakhirnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  tahun 2019 selama lima hari yang diikuti oleh peserta didik baru sebanyak 690 siswa di SMK PGRI 1 Gresik, hari ini Senin, 22 Juli 2019 pukul 08.00 wib.  resmi ditutup dengan upacara yang dihadiri oleh Bapak/Ibu guru dan Karyawan SMK PGRI 1 Gresik dengan Bapak Arief Susanto, M.Pd. ( Kepala sekolah) Bertindak sebagai Pembina Upacara.

Dalam sambutannya, Bapak Arief Susanto, M.Pd. Menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh warga SMK PGRI 1 Gresik yang sudah mendukung acara MPLS ini sehingga Acara berjalan dengan Lancar.
Beliau juga menyampaikan bahwa inti dari MPLS adalah memgenalkan lingkungan SMK PGRI 1 Gresik kepada para siswa baru. “Siswa baru dikenalkan dengan struktur organisasi sekolah, mata pelajaran, pengenalan sarana dan prasarana sekolah, pengenalan tata tertib sekolah dan juga ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini”, jelas beliau.

Tidak lupa pula beliau menyampaikan terima kasih kepada jajaran dan anggota KODIM 0817 Gresik yang telah melatih khusus siswa baru selama tiga hari penuh. Tujuan dari kegiatan tersebut agar siswa baru memiliki sikap disiplin dan cinta tanah air, selain itu juga untuk mencapai visi misi sekolah yang menjadikan siswa CERDAS ( cekatan, rajin, disiplin dan agamis).

Penutupan MPLS SMK PGRI 1 Gresik Tahun 2019  ini ditandai dengan pelepasan atribut peserta dan panitia oleh kepala sekolah, Arief Susanto, M.Pd. “Kami ucapkan selamat bergabung di SMK PGRI 1 Gresik, semoga kalian bisa mengemban amanah yang telah diberikan kepada kalian di tempat ini”,. “Selamat berproses disini, selamat mencetak prestasi sehingga bisa membanggakan orang tua, agama dan bangsa”, tambah beliau.

Ada yang menggembirakan dalam upacara penutupan MPLS tahun 2019 ini, Kepala Cabang Dinas pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik, Dra. Puji Hastuti, M.Si. berkenan hadir untuk memberikan sepatah dua patah pesan kepada para peserta didik baru.  Beliau mengatakan supaya siswa – siswi SMK PGRI 1 Gresik mau belajar dengan giat, pantang menyerah dan disiplin agar dapat membanggakan orang tua, sekolah dan dirinya sendiri. Dalam acara penutupan ini hadir pula beberapa alumni yang telah bekerja di perusahaan PT. Petrokimia, mereka diundang untuk memberikan semangat kepada adik-adik kelas mereka.

Acara yang paling heboh, gebyar dan acara puncak MPLS adalah acara School Organisation Promotion (Pengenalan organisasi-organisasi yang ada di sekolah) baik intra maupun ekstrakurikuler. Tujuannya antara lain agar peserta didik  baru nantinya dapat menentukan pilihan organisasi intra atau ekstrakurikuler yang mereka minati.

Pramuka misalnya melakukan atraksi kemampuan baris berbaris dengan berbagai formasi yang keren. Pamur dengan kostum khasnya hitam-hitam beratraksi jurus-jurus silat diiringi dengan musik pencak silat bernuansa etnik. Dan masih banyak yang lainnya. Usai pertunjukkan Ekstra dan pentas seni, acara ditutup dengan bernyanyi dan berpelukan dengan sesama teman. “Selamat bergabung di SMK CERDAS Nak!”. (01)

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*