Visi dan Misi

  1.  Visi SMK PGRI 1  Gresik

Sejalan dengan visi, misi dan prioritas program pendidikan menengah kejuruan, SMK PGRI 1  Gresik, telah menetapkan visi sebagai berikut :

“ Terwujudnya SMK PGRI 1  Gresik menjadi Lembaga Diklat Kejuruan Berstandar Nasional yang bertaraf Internasional.  “

  1. Misi SMK PGRI 1  Gresik

Mengacu pada visi SMK PGRI 1  Gresik yang telah ditetapkan tersebut, maka misi SMK PGRI Gresik dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menyiapkan siswa SMK PGRI 1 Gresik menjadi tenaga kerja terampil yang cerdas dan kompotitif dibidang otomotif dan pemesinan untuk membuka lapangan kerja sendiri maupun mengisi lapangan kerja di dunia dan industri.
  2. Menyiapkan siswa SMK PGRI 1 Gresik menjadi tenaga berkualitas yang mampu memberdayakan potensi daerah.
  3. Menyiapkan siswa SMK PGRI 1 Gresik menjadi tenaga kerja produktif yang memiliki etos kerja dan kompetensi keahlian berstandar nasional.
  4. Menyiapkan siswa SMK PGRI 1 Gresik menjadi tenaga kerja produktif yang menguasai IMTAQ dan IPTEK untuk mengisi lapangan kerja dan berwirausaha.
  5. Mengupayakan kondisi lingkungan yang bersih, hijau dan indah untuk mendukung terjadinya iklim belajar yang kondusif.
  6. Mewujudkan pelayanan yang baik dalam memberdayakan potensi sekolah dan masyarakat.

SMK PGRI 1 Gresik, sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan tingkat menengah mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut ;

1.  Melaksanakan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ( MPMBS ) dalam penerimaan siswa baru, proses kegiatan belajar mengajar, dan sistem evaluasi hasil belajar bagi peserta didiknya.

2.  Memotivasi orang tua murid, dunia usaha / industri, unsur – unsur Pemerintah Daerah dan unsur – unsur lain yang terkait untuk mendukung peningkatan mutu sekolah.

3.  Melaksanakan upaya peningkatan nilai prestasi tamatan, melalui program – program pokok dan program –program tambahan diluar jam belajar sekolah dan kegiatan – kegiatan ekstrakurikuler.

4.  Melakukan perbaikan dan penambahan sarana prasarana sekolah dari segi kuantitas maupun kualitas.

5.  Mengupayakan peningkatan kualitas guru dalam mengikuti perkembangan iptek melalui diklat yang dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Pusat Pengembangan dan Pelatihan Guru yang relevan dan Asosiasi Profesi maupun secara swadana.

6.  Menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pengembangan moral keagamaan.

7.  Melakukan pembinaan tenaga pengajar, staf tata usaha dan karyawan.

8.  Mengembangkan minat dan bakat siswa sesuai dengan potensi masing – masing.

9.  Memperluas kerja sama dengan perusahaan ( Dunia Usaha / Dunia Industri ) melalui program Pendidikan Sistem Ganda / Praktek Kerja Industri.

10. Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan berbahasa Inggris.

11. Mengupayakan peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan pengoperasian komputer dan pengumuman teknologi informasi.

12. Meningkatkan jumlah buku sebagai referensi untuk guru dan siswa dan mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah.

13. Mengusahakan pengembangan sekolah menjadi pusat informasi pendidikan dan Pusat Pendidikan Ketrampilan Terpadu ( PPKT ) di Kabupaten Gresik.

14.  Mengembangkan Unit Produksi dan Jasa ( UPJ ) guna meningkatkan jiwa dan semangat enterprenur bagi siswa dan guru.

15.  Melakukan Re-engineering sesuai kebutuhan masyarakat dan dunia usaha / dunia industri sebagai institusi pasangan dalam penyelenggaraan prakerin.

 

 Kinerja yang sudah dicapai

Kebersamaan dalam usaha dan kerja keras seluruh tenaga kependidikan dan disertai adanya rasa tanggung jawab yang cukup tinggi terhadap bidang tugasnya masing – masing telah membuahkan beberapa hasil, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Terbentuknya kepengurusan Majelis Sekolah sebagai organisasi yang solid dengan manajemen yang efisien dan efektif serta memiliki jaringan kerja yang baik dengan Pemerintah Daerah, Dunia Usaha / Industri dan masyarakat luas lainnya, serta siap membantu pengembangan sekolah.

2.  Tersusunnya Program Diklat (kurikulum) yang mantap yang telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2000 – 2001, yang setiap waktu tertentu divalidasi dan diadakan sinkronisasi, disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan dunia usaha / industri.

3. Tersusunnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang telah mendapat pengesahan dari Kepala Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur sejak tanggal 20 Mei 2007.

4.  Terealisasinya penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) pada pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas X mulai tahun pelajaran 2007 – 2008.

5.  Terlaksananya  Kurikulum  SMK  tahun  2013  di  kelas  X  sebagai  sekolah  sasaran  di  Kabupaten  Gresik.

6.  Tersedianya fasilitas praktek dan sarana parsarana lainnya yang dapat mendukung pencapaian kompetensi tamatan berstandar nasional.

7.  Sebagian guru – guru produktif telah bersertifikat Nasional yang dikeluarkan oleh PPPGT Malang, BLPT Surabaya dan Assosiasi Profesi lainnya.

8.  Adanya hubungan kerja sama yang berkesinambungan anatara SMK PGRI 1 Gresik dengan sejumlah DU / DI baik di dalam maupun di luar Kabupaten Gresik dalam kegiatan praktek kerja industri dan penyerapan tamatan, serta Instansi Pemerintah pemakai jasa / produk yang dihasilkan oleh sekolah.

9. Adanya Unit Produksi yang dapat dikembangkan menjadi unit usaha yang kompetitif dan professional.

10.  Keberhasilan menjuarai lomba ketrampilan di bidang teknik otomotif dan welding skill tingkat SMK se Jawa Bali dalam rangka Pekan Raya Teknik yang dilaksanakan oleh UNESA, dan kejuaraan – kejuaraan lainnya.

11. Keberhasilan menjuarai lomba kreatifitas siswa dalam bidang jurnalistik dan majalah dinding dimana salah satu madingnya mampu tercatat / tersimpan di MURI.

12. Adanya hubungan lintas sektoral yang cukup baik antara SMK PGRI 1 Gresik, dengan SMK Negeri/Swasta dan Sekolah lainnya di wilayah Kabupaten Gresik.

13. Adanya dukungan dari orang tua / wali murid dalam mengembangkan sekolah.

14. Adanya Peningkatan SDM guru dilaksanakan dengan cara mengikut sertakan guru dalam kegiatan seminar, lokakarya, studi banding dan pelatihan – pelatihan lainnya, sesuai dengan kompetensinya masing – masing.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*