Indospring Class Angkatan ke-Tujuh, Tanamkan Budaya Industri Kepada Siswa Sejak Dini

Reporter : Abdul Aziz Qomar – klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik— Meski pandemi belum reda, tidak mengurangi komitmen PT Indospring, Tbk dalam mengembangkan kapasitas pelajar di Kabupaten Gresik. Hal itu terbukti dengan digelarnya seleksi Indospring Class angkatan ke tujuh yang bekerjasama dengan SMK PGRI 1 Gresik pada Sabtu (28/11/2020).

BACA JUGA :  Sasar Kos Cewek Pemuda Nganjuk Nekat Curi Tiga Motor
Industrial Relation Manager PT.Indospring Tbk Dias Pipit Chusairy menuturkan, meski kondisi bisnis sedang tidak menentu, namun tidak mengurangi kontribusi perusahaan dalam dunia pendidikan.
“Terutama dalam pendidikan vokasi, dengan harapan adik-adik yang menempuh pendidikan tidak gagap dengan budaya industri, dunia industri. Jadi sejak dini kita kenalkan etos kerja dan cara kerja di industri terutama manufaktur,” tuturnya.
Bekerjasama dengan SMK PGRI dalam tujuh tahun terakhir, lanjut Dias, Indospring Class membekali siswa kelas XI jurusan permesinan dan kelistrikan dengan materi yang kurikulumnya sesuai dengan bisnis perusahaan. Nantinya lulusan program Indospring Class tersebut akan langsung bekerja di Perusahaan berkode emiten INDS tersebut.
Materi yang terkandung dalam kurikulum tersebut diantaranya tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), budaya manufaktur, produk knowledge, pengetahuan dasar-dasar quality, pembacaan gambar,CNC (Computer Numerical Control) kelistrikan perusahaan, Kaizen (Total Quality Management) dan lain sebagainya.
“Kurikulum Enam bulan teori, enam bulan praktik. Tiap satu Minggu sekali yang akan mengisi materi dari Direksi, manajer, asisten manajer, sampai supervisor. Dengan harapan setelah lulus mereka kita rekrut” jelas Dias.
Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana SMK PGRI 1 Gresik Robby AY menuturkan, tak kurang dari 360 siswa diseleksi pihak sekolah, yang lulus sebanyak 178 siswa kemudian mengikuti seleksi yang Indospring Class hari ini. “Nanti yang diterima hanya 24 Siswa, jadi seleksinya ketat sekali,” ujarnya.
Robby melanjutkan, kerjasama dengan Indospring sudah berlangsung tujuh tahun, dan banyak lulusan SMK PGRI 1 yang telah bekerja di pabrik peer tersebut, bahkan sampai ada yang mencapai level asisten manajer.
“Ini menguntungkan kedua belah pihak, bagi sekolah kami dapat membantu meningkatkan kualitas dan kapasitas peserta didik. Sementara perusahaan mendapat input karyawan yang mumpuni,” ungkapnya.
Salah satu siswa yang mengikuti seleksi program Indospring Class, M Alif Pandia dari jurusan Teknik Permesinan mengaku senang bisa mengikuti tes bersama 178 siswa lain.
“Mudah-mudahan lulus, karena ini kesempatan yang langka bisa mengikuti pendidikan di Indospring,” harapnya. (bro)
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*