RAYAKAN HARI KEMERDEKAAN, SMK PGRI 1 GRESIK MENGGELAR UPACARA BENDERA PERINGATAN HUT KE – 78 RI DI KAMPUS MANGGIS

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Banyak cara dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan pendiri bangsa yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Upacara bendera menjadi satu di antara kegiatan yang identik dilakukan saat memperingati HUT Republik Indonesia. Namun, upacara bendera untuk memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia tidak bisa digelar sembarangan. Ada beberapa peraturan dan susunan upacara yang harus dipatuhi. Susunan upacara bendera 17 Agustus sedikit berbeda dengan upacara yang dilakukan setiap hari Senin. SMK PGRI 1 Gresik menyelenggarakan upacara bendera yang dipimpin oleh Pak Heri Mulyono, S.Pd. selaku Inspektur Upacara. “Hari ini tentu kita bersyukur kita sudah merdeka dan kewajiban kita sama-sama menjaga dan mengisi kemerdekaan Indonesia,” ujar beliau.Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Manggis Kampus B, pada Kamis, (17/08/23) berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Dalam prosesi upacara juga dilaksanakan pelepasan siswa dalam rangka mengikuti program The Second Seiko Global Development Conference ( SGDC ) di Shisedo, Jepang. Keberangkatan kali ini adalah yang ke dua kalinya, pada keberangkatan yang pertama berlangsung selama 6 bulan. “Semoga Mas Ravy bisa mengibarkan dan membawa nama baik Indonesia serta SMK PGRI 1 Gresik khususnya dikancah internasional,” pesan pak Heri kepada Ananda Achmad Ravy Surya Gumilang, siswa kelas XII TPTL 1 yang akan bertolak ke Jepang Esok Hari.

Usai pelaksanaan upacara, ada Pembagian hadiah lomba kepada kelas-kelas yang telah berjuang. Lomba diselenggaarakan selama 5 Hari berturut-turut, beberapa diantaranya adalah lomba Mural, Adzan, Bola goyang, E-Sport, Badminton, MC, Tenis Meja, PBB, dan Estafet Mix. Agenda berikutnya adalah demonstrasi Ekstrakurikuler yang terdapat di SMK PGRI 1 Gresik. Beberapa diantaranya adalah Perisai Diri, Pamur, Bina Raga, Passus, Tarung Drajat dan tentu saja ekstra band. Kegiatan demonstrasi ekstra untuk memperkenalkan kepada siswa kelas X untuk bisa memilih sesuai Passionnya.

Setelah kegiatan di kampus B tuntas, seluruh guru, staf, petugas upacara, passus dan anggota OSIS, menggelar doa dan tasyakuran di kampus utama, jalan dr. Sutomo 46. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bapak Kepala SMK PGRI 1 Gresik, Drs. Arief Susanto, M.Pd. Beliau berharap, dalam peringatan HUT ke -78 Republik Indonesia ini para siswa lebih semangat dan giat lagi dalam belajar karena itu merupakan salah satu cara mengisi kemerdekaan Indonesia. Kegiatan dilanjut dengan doa oleh Drs. Zainul Huda, M.Pd., Kemudian pemotongan tumpeng oleh Bapak Kepala SMK PGRI 1 Gresik. Acara berakhir dengan makan bersama antara guru, siswa dan anggota sekolah yang lain. Alangkah indahnya kebersamaan. Terus Melaju untuk Indonesia Maju, selamat ulang tahun Indonesiaku, Merdeka!

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*