Menumbuhkan Semangat Kerjasama dan Kedisiplinan Melalui LDKS di SMK PGRI 1 Gresik

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), merupakan bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar – dasar sebuah organisasi. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik yang matang dalam memahami kepemimpinan,  membentuk personal kepemimpinan pribadi siswa yang hebat dan bertanggung jawab.

Sabtu hingga Minggu kemarin (18 – 19 November 2023), calon OSIS SMK PGRI 1 Gresik tahun pelajaran 2023 – 2024 yang berjumlah 60 siswa melakukan latihan dasar kepemimpinan bertempat di Duyung Hills Trawas Mojokerto.

Tujuan Pelaksanaan LDKS

Indrayana, S.Pd. selaku waka Kesiswaan mengatakan, “para siswa harus bisa memimpin dirinya terlebih dahalu sebelum ia memimpin orang lain ,di mana nantinya ia dapat menjadi contoh teladan bagi siswa yang lain agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab. Serta semua siswa memiliki potensi dan bakat nya masing masing”. Dan Indrayana  pun mengaharapkan pengurus OSIS dapat menaikan citra sekolah dan memajukan sekolah.  Dalam kegiatan LDKS ini tidak hanya dibekali apa saja program kerja OSIS, tetapi peserta dibekali dengan materi- materi yang menunjang dalam berorganisasi.

Materi yang Disampaikan Pada LDKS

Ketika sampai di tempat tujuan, para siswa langsung berkumpul di aula dan mendapatkan pengarahan. Siswa dibentuk kelompok demi tercapainya kegiatan dengan maksimal. Kelompok ini dibuat berdasarkan sekbid yang ada, sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerjasama antar sekbid. Kepemimpinan dan kerjasama tentunya yang akan digembleng pada LDKS ini. Dua hal tersebut yang didapatkan melalui outbound, games, dan pemaparan materi.

Selain itu, para siswa juga mendapatkan ESQ serta penyalaan api unggun dan pementasan tampilan yang sudah disiapkan pada malam hari.

Harapan setelah pelaksanaan LDKS

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) merupakan kegiatan yang dirancang untuk melatih keterampilan kepemimpinan, kerjasama, dan berbagai aspek kemampuan sosial pada siswa. Setelah pelaksanaan LDKS, harapannya adalah terjadi berbagai perubahan positif dalam diri siswa dan lingkungan sekolah. Berikut beberapa harapan yang umumnya diinginkan setelah pelaksanaan LDKS:

  1. Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan: Diinginkan bahwa siswa dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka, seperti kemampuan mengambil inisiatif, menginspirasi orang lain, dan mengelola konflik.
  2. Peningkatan Kemampuan Komunikasi: Harapannya adalah siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal mereka, sehingga dapat berinteraksi lebih efektif dengan teman-teman, guru, dan orang lain di sekitarnya.
  3. Pengembangan Kerjasama Tim: Setelah LDKS, diharapkan siswa dapat bekerja sama dalam tim dengan lebih baik, memahami pentingnya mendukung dan menghargai kontribusi setiap anggota tim.
  4. Peningkatan Rasa Percaya Diri: Melalui berbagai kegiatan dalam LDKS, diharapkan siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam menghadapi tantangan dan mengambil peran aktif dalam kegiatan sekolah.
  5. Pemahaman Nilai-Nilai Kepemimpinan dan Tanggung Jawab: LDKS sering kali menyentuh aspek nilai dan tanggung jawab. Harapannya adalah siswa dapat memahami pentingnya nilai-nilai ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.
  6. Pembentukan Karakter Positif: LDKS dapat menjadi momen pembentukan karakter siswa. Harapannya adalah siswa dapat mengembangkan karakter positif, seperti integritas, disiplin, dan tanggung jawab.
  7. Pembangunan Hubungan Sosial: Melalui kegiatan dalam LDKS, diharapkan siswa dapat membangun hubungan sosial yang lebih baik dengan teman-teman mereka, sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis.
  8. Partisipasi Aktif dalam Kegiatan Sekolah: Setelah mengikuti LDKS, diharapkan siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, baik itu kegiatan akademis maupun non-akademis.
  9. Peningkatan Kedisiplinan: LDKS dapat memberikan pengalaman yang membantu siswa mengembangkan kedisiplinan pribadi, yang dapat tercermin dalam perilaku dan kinerja akademis mereka.
  10. Dukungan terhadap Visi dan Misi Sekolah: Siswa diharapkan dapat lebih memahami dan mendukung visi dan misi sekolah setelah mengikuti LDKS.
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*